Pesan Subliminal dalam Perjudian dan Permainan: Apakah Kita Melihat Segala Sesuatu Seperti Mereka? [Atau Seperti Kita?]

Segala sesuatu yang kita rasakan adalah pesan: komentar yang terdengar di kereta bawah tanah, berita utama dari sebuah artikel yang diklik secara acak, isyarat orang asing di restoran, dari pengamatan biru rekan kerja, kadang-kadang bahkan kata di layar kita. Perjalanan informasi sederhana atau kompleks, publik atau pribadi, lisan, tertulis atau nonverbal, digital atau analog, sebagai bagian komunikasi dalam mencari terminal. Sesampai di sana, terserah penerima untuk menanganinya dengan cara yang benar. Tidak ada ranah keberadaan tanpa pesan seperti itu; tidak terkecuali perjudian dan permainan.

Kendaraan dan koridor yang digunakan dalam dunia keberadaan manusia yang mendasar ini cukup terlihat, betapa pun beragamnya. Segitiga abadi dari pengirim, penerima, dan implikasinya – pribadi, kolektif, dan sosial – ada di mana-mana dalam kehidupan kita.

Namun, kadang-kadang, pesan-pesan itu juga tersembunyi, terselubung; mereka bersembunyi di dalam domain, tampaknya berkeliaran, menunggu untuk ditemukan dan dikonsumsi oleh pikiran sadar kita.

Lalu, ada yang subliminal, menampilkan diri di bawah batas persepsi reguler; mereka hanya dapat dilihat oleh kesadaran bawah sadar kita yang lebih dalam.

Suka atau tidak, kita jauh lebih mengendalikan pesan yang diamati secara sadar: nasib mereka selalu biner, nol atau satu – buang atau terima. Kami mampu memproses 9 bit informasi dengan cara ini.

Tetapi, kita tidak dapat mengenali, apalagi mengendalikan, mereka yang ditangkap oleh alam bawah sadar kita, bahkan berdampak pada kesadaran bawah sadar (bagian dari pikiran “di bawah tingkat kesadaran langsung, dari mana ingatan dan emosi yang belum ditekan dapat ditarik kembali”). Pikiran bawah sadar kita mampu memproses 20.000 bit informasi.

Rasio 1: 2.222.

Karena rentan terhadap berbagai pesan jauh di luar diri kita, kita harus, kemudian, sangat menyadari sifat mereka, paparan kita, dan tingkat perlindungan yang diperlukan untuk mempertahankan tata kelola kehidupan kita yang bertanggung jawab.

Pesan-pesan sadar bukanlah sesuatu yang cerdas; kita bebas untuk bertindak sebagaimana kita anggap pantas.

Tapi yang terselubung dan subliminal membutuhkan perhatian, terutama di era masyarakat konsumen dan dunia terpadu, di mana setiap orang menjual segalanya untuk semua orang.

Yang mungkin menempatkan penjudi, gamer, dan iGamer sesekali dalam posisi yang rentan. Seperti halnya dengan apa pun dalam hidup, diberitahu dan berpengetahuan adalah pertahanan terbaik – diperingatkan terlebih dahulu.

Dari 0,003 Detik ke Keabadian

Konsepnya sudah tua, hadir sejak 1950-an – suatu entitas dapat menggunakan kata atau gambar yang tidak dapat dideteksi oleh konsumen secara sadar sebagai rangsangan bawah sadar untuk hasil yang diinginkan.

Ini telah digunakan oleh Coca Cola, Marlboro, McDonald, Husker Do, Benson & Hedges, Food Network, Gilbey’s Gin, Wendy’s, KFC, Amazon, Tostitos, Peacock Snooty, FedEx, Majalah SFX, Disney, dan juga terlihat dalam politik.

Selama pemilihan umum di AS pada tahun 2000 – duel politik yang melelahkan terjadi antara George W. Bush dan Agen BandarQ yang terakhir menuduh Partai Republik karena memanfaatkan pesan bawah sadar dalam serangan terhadap kebijakan kesehatannya. Diduga, iklan TV untuk kampanye Bush menampilkan kata “RATS” muncul untuk sepersekian detik sebelum visual penuh dari kata-kata “BUREAUCRATS DECIDE” muncul di layar. (Bagi mereka yang memiliki jari cepat, tidak mungkin melewatkannya pada 0:24).

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>